13 Februari 2015

Bikin Pita Yuk?

DIY pita ini untuk melengkapi printilan hias seserahan yg saya kerjakan sendiri. Saya itu sebenernya suka & punya minat lumayan besar untuk masalah kerajinan tangan. Nah saat persiapan pernikahan ini jadi momen yg pas untuk bikin sesuatu hasil tangan saya sendiri. Ga ada salahnya kan mencoba klo gagal ya pasrahkan keahlinya hahahaaa

Jangan membayangkan DIY yg saya buat ini seperti DIY yg sudah profesional yaa. Alat yg saya gunakan saja yg mudah didapat & sesimple mungkin, kualitas fotopun seadanya. Tapi semoga DIY ini bisa sedikit membantu yuk mulaiii




Alat dan Bahan :
1. Pita ukuran 1.3cm
2. Pita ukuran 2.5cm
3. Benang warna senada dengan pita
4. Gunting
5. Hairclip
6. Garpu
7. Sisir garpu


Ko pakai garpu & sisir? hihihiii ini karna ada dua macem ukuran lebar pita dan dua macam juga besar kecil pita yg mau saya buat untuk aplikasi di seserahan. Garpu untuk pita membuat pita ukuran kecil sedangkan sisir untuk ukuran pita yg besar. Tapi sisir ini juga bisa untuk membuat pita ukuran besar dengan menggunakan pita ukuran 1.3cm tp rasanya hasil pitanya kurang menggemaskan
 
 
 Cara membuat pita ukuran kecil :

1. Siapkan Garpu & Pita ukuran 1.3cm




2. Silangkan Pita ke garpu, buat panjang kaki pita sesuai keinginan




3. Jepit menggunakan hairclip. Ini supaya pita tidak mudah bergeser. Buat sama rata panjang kanan & kirinya
 



4. Gunting


5. Ambil benang, masukan benang ditengah2 pita. Ikat kuat dibelakang pita. Lepaskan pita dari garpu






6. Lepaskan hairclip. Gunting benang, rapihkan

 


Taraaa pitanya sudah jadi...


Qta buat model kaki pita yg segitiga

Lipat kaki pita, lalu gunting
 


Jadi deh ^^

 


Sekarang jadi ada dua model pita, kamu lebih suka yg mana?

 



Kasih double tape, lalu tempel2 seperti ini

 



Oia double tape ini kurang begitu kuat kadang suka lepas2. Klo mau pake lem juga boleh jadi lebih kuat, sedikit saja memberi lemnya biar tidak merusak barang seserahan kamu


Cara membuat pita ukuran besar :

1. Siapkan sisir & pita ukuran 2.5cm


2. Silangkan Pita ke sisir, ruas2 sisirnya bisa digunakan untuk mengatur lebar pita yg ingin dibuat. Semakin lebar jaraknya semakin lebar ukuran pita.




3. Buat panjang kaki pita sesuai keinginan



4. Gunting



 5. Ambil benang, masukan benang ditengah2 pita. Ikat kuat dibelakang pita.





6. Gunting benang & rapihkan




Dan begini hasil akhirnnya



Sisir ini saya pilih setelah menemukan DIY dari blog Nupi-nupi . Sebelumnya saya pernah coba cara yg mba Prapti ajarkan, tapi karna tidak menemukan kerdus yg kuat jadi saya mencari alternatif lain & menemukan ide untuk menggunakan sisir saja qiqiqiqiii.  Lagipula lebar pita yg saya mau bikin juga hanya seukuran 6-8cm.

Oke segitu dulu tutorialnya, hasil pita yg sudah menempel nanti saya share di postingan lain. Selamat membuat pita ^^

1 komentar:

Heihooo.... Terima kasih sudah berkunjung, boleh banget lho klo mau tinggallin jejak biar bisa kunjungan balik. Salam Hangat Imas :)