10 Maret 2015

Seserahan : DIY Box Mika untuk Kotak Seserahan

Ini udah pasti bagian paling menggembirakan buat CPW, yaiyalah belanja & dibelanjain sapa yg ga seneng coba. Keluar masuk toko pilih ini itu trus dibayarin diantriin dikasir berasa bangetkan ratunya. Itu cuma bayangan saya aj ya, realnya cuma sampe dibayarin. Saya suka ga tegaan liat cwo yg antri dikasir buat bayar belanjaan pasangannya ato bawain tas pasangannya. 


Selesai beli ina ini inu, PR berikutnya yg suka bikin galau itu mau dihias seperti apa barang-barang seserahan itu. Mau dibentuk macem2 binatang yg lucu ato bentuk masjid ato minimalis dengan banyak pita & hanya dilipat2 saja. Pilihan saya jatuh di minimalis dengan banyak pita & hanya dilipat2 saja. 


Saya mau seserahan saya secantik seserahan ini







ini hasilnya Kuchiwalang & smua foto saya ambil di FB Kuchiwalang


Simple, manis & gampang dibuatnya. Saya mulai googling sana sini cari tutorial hias seserahan seperti yg diatas itu. Karna kotak seserahan yg saya beli di Alfiandra itu ga ada tutupnya & kayanya lebih ribet klo harus pake plastik wrap. Akhirnya saya minta siBoy beli mika untuk tutup kotak seserahan, kaya punya kuchiwalang itu. Dann mulailah percobaan trial & eror untuk dapet hasil yg pas untuk setiap kotak seserahan saya.


Klo kalian mau bikin sendiri tutup mika untuk kotak seserahan kalian, saya sarankan coba dulu membuat kotak menggunakan karton. Supaya ukurannya pas & tidak membuang mika yg sudah terlanjur dipotong. Oia saya beli mika 4meter yg ukuran lebarnya kurang lebih 1.5meter untuk 8 kotak seserahan.


Tutorial Box Mika untuk Tutup Kotak Seserahan




Alat & Bahan :
1. Mika ukuran ketebalan 0.30
2. Kertas Karton
3. Penggaris
4. Pensil/pulpen
5. Gunting
6. Carter
7. Lem (saya pakai lem UHU)
8. Tape


Cara Membuat :

1. Ukur Panjang & Lebar kotak seserahan yg mau dibuat tutup mikanya, Kurangi 1-2cm dari masing2 ukuran panjang & lebar kotak tersebut. Pengurangan 1-2cm ini supaya kotak mika yg sudah jadi nanti pas & tidak melengkung saat dipasang ke kotak seserahannya. Tinggi Box Mika bisa disesuaikan sama kebutuhan kalian, klo bisa seragam lebih bagus. Saya membuat tinggi mika 25cm.

2. Tambahkan 1-1.5cm di sisi-sisi bagian panjang kotak. Tambahan 1-1.5cm ini untuk lipatan tempat menempel masing2 sisi, saya buat di sisi bagian panjang supaya nanti lipatan ini tidak terlalu kelihatan klo dilihat dari depan. Jadi terlihat rapi & tanpa sambungan

3. Buat pola diatas kertas karton sesuai dengan ukuran yg tadi sudah dibuat. Lalu gunting pola

 Tambahan 1-1.5cm itu ada di sisi-sisi bagian gunting & tube krim


Sampai ditahap ini kalian bisa langsung membuat kotak untuk memastikan ukuran yg dibuat sudah tepat sebelum pola ini dibuat diatas mika yg sesungguhnya. Klo ukuran kotak sudah pas sekarang lanjut ketahapan berikutnya.


4. Rentangkan Mika, taruh pola diatasnya & mulai mencetak pola diatas Mika menggunakan carter. Dengan bantuan penggaris, tahan penggaris yg kuat dengan tangan kiri & garis mika menggunakan carter & tekan supaya mudah saat mika akan ditarik (ini susah jelasinnya langsung liat gambarnya aj yaa)










5. Tarik mika yg sudah dibuat pola tadi secara perlahan supaya mika tidak patah







6. Buat garis tipis dilipatan yg tadi dibuat. Dibuat tipis saja hanya untuk tanda batas lipatan & supaya tidak patah. Kemudian tekuk














7. Beri lem dibagian lipatan & tempelkan ke sisi lebar tutup mika, rekatkan supaya tidak lepas2 lagi. Menurut saya ini bagian yg paling sulit, karna lem UHU tidak seperti lem tembak / glue gun yg langsung kering. Jadi harus sabar menekan tempelan supaya tidak mudah terlepas & kadang tempelan mudah terlepas lagi wlopun lemnya sudah merekat. Saya mengakalinya dengan memberi Tape setelah lem merekat
















Dannn tara Box Mika untuk tutup kotak seserahan sudah jadi



Tampak atas


Tampak samping


Oia karna saya hanya membeli 4meter mika, sedangkan ada 8 kotak seserahan saya. Maka sisa 4 kotak seserahan yg lain saya membeli yg ada tutupnya. Mika dari sisa membuat tutup kotak seserahan yg saya buat ada selebar 25cmx4m. Sisa mika ini saya tempelkan kesekeliling tutup kotak seserahan yg ada tutupnya. Jadi saya hanya mengelem mika lalu saya tempelkan ketutup kotak seserahan. Semoga kebayang yaa



ini hasil jadi smua kotaknya

Saya membeli mika meteran ini di Toko Bobby Mayestik. Hasil googling sana sini, toko Bobby ini paling murah diantara toko hias seserahan lain di Mayestik. Harga permeter mika Rp. 30.000,- . Dan sedihnya pas temen saya November kemarin nikah dy beli di Pasar Jatinegara cuma Rp. 18.000,-/m hiks bukan rezeki saya ya berarti dapet yg murah.





Foto itu diambil dari Blognya Dita yg mau baca review hias seserahan di Toko Bobby bisa baca reviewnya Dita disini .  


Semoga tulisan ini membantu capeng-capeng yg mau hemat all out untuk melakukan semuanya sendiri kaya saya qiqiqiqiqiii...

34 komentar:

  1. bermanfaat banget postingannya kak, thanks yaa :)

    BalasHapus
  2. Nice mbk....tapi klo buat mika dgn cara bgitu menurut sy boros mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trs yg gak boros gmn mbk.. Blh donk sharing nya..

      Hapus
    2. Kalau yg gak boros mungkin dibuat persisi, terus nanti tinggal dilem trus kasih hiasan/list tiap sambungannya biar ga terlihat

      Hapus
  3. Mika'y sendiri di jual d toko apa ya mba?

    BalasHapus
  4. Saya jual mika lmbaran pak..saya berada didepok ..saya juga melayani pemesan box berbagai ukuran..081806237879

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapaan perlembar pak ade? 1 lembar nya? ketebalan berapa?

      Hapus
    2. bu pnya pin bb ga? klo bisa sya minta.. saya mau pesn

      Hapus
    3. Bu ade Brp hrga permeter ny...

      Hapus
    4. Bu ade Brp hrga permeter ny...

      Hapus
    5. Kotak hantaran mika WA 081290941090

      Hapus
    6. Kotak hantaran mika WA 081290941090

      Hapus
  5. terimakasih ya mbak infonya,,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Lagi cari tempat jual Kotak Hantaran online
    ada di KotakHantaran.Com

    BalasHapus
  7. Beli dmn plastik mika yg tebalx 0.30 itu mba? Di jaksel nyari dmn yah?

    BalasHapus
  8. thanks for share mbaa,,
    ijin nyontek yaa.hihihi

    BalasHapus
  9. Thanks mb..dh aq praktekin buat saya seserahan sendiri...aq beli mika yg tebelnya 0,30 per meter 20K..di toko rajawali purwodadi...dan hasilnya lumayan puas dg hasil karya sendiri..�� hrs sabar buatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sejenis toko apa mas ? Buku,plastik, atau toko kertas ?

      Hapus
    2. Kak brli mikanya itu di toko apa ya ?? Kalau di bandar lampung di mana ya ...??

      Hapus
    3. Kak brli mikanya itu di toko apa ya ?? Kalau di bandar lampung di mana ya ...??

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mending pake lem G mba, hasilnya bakalan cepet merekat namun pengaplikasian harus sabar dan extra hati hati karena cepet mengering,,

    BalasHapus
  12. Kalo tinggi mikanya 40cm pake mika tebel 0.3 kira kira goyang goyang ga sis? Thanks

    BalasHapus
  13. Kalau di bandar lampung dimana ya mbak belinya.. ada yg punya referensi ??

    BalasHapus
  14. Saya membuka jasa sewa dan hias seserahan express dan murah untuk daerah jabodetabek. jika berminat silahkan hubungi 081212847403 atau melihat-lihat referensi di instagram @tokodekordekor dan @bettspappercrafting. terimakasih

    BalasHapus
  15. Haiii dear...
    Barang kali ada yg butuh info untuk jasa hias dan sewa seserahannya..langsung aja book yaa ...
    Wa : 087887562020
    IG : @sano.seserahan
    Lokasi : Condet, Kramat jati, Jaktim
    Untuk harganya murah banget lohhh cuma 75rb/boxnya...
    Ditunggu kabar bahagianya..makasihh...

    BalasHapus
  16. 2018 nemu ini tulisan, terimakasih sudah berbagi..

    BalasHapus
  17. Kak yg di pojok mika warna gold bentuk segitiga gt ap ya nmnya?

    BalasHapus
  18. Tenda Membrane
    Tenda Membran sendiri memiliki kesan yang Elegan dan kokoh, makannya tenda ini sangat cocok sekali untuk di gunakan sebagai:
    -Atap Cafe
    -Atap Restoran
    -Atap Loby Hotel
    -Atap Lapangan Sepak bola
    -Atap Hall
    -Atap JPO
    -Atap stadion
    -Atap aula dan masih banyak lagi fungsi lainnya




    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081977000899 / 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    TENDA RODER, TENDA TRANSPARAN, TENDA KERUCUT, TENDA SARNAFIL, TENDA VAKSINASI, TENDA MEMBRAN, TENDA CAFE, TENDA HOTEL, TENDA LAPANGAN BOLA, TENDA DARURAT RUMAH SAKIT, POSKO PENGUNGSIAN, BILIK DESINFEKTAN, PISKO PENGANAMANAN COVID, RUANGAN DARURAT RUMAH SAKIT.


    #TENDAVAKSINASI #TENDAEVENT #TENDAWEDDING #TENDABAZAR #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL#POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #FRESTIFALMUSIK #KONSERMUSIK #KONSER #JAKARTA #BANDUNG #KARAWANG #JAWATIMUR #JAWABARAT #JAWA TENGAH #SURABAYA #KALIMANTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDASERBAGUNA #TENDADRIVETHRU #TENDAVAKSIN #TENDAPEMAKAMAN #TENDA MEMBRAN #TENDA CAFE #OODFRESRIFAL #KONSERMUSIK #FRESTIFALSENI #EVENTORGENAIZER #ACARAMUSIK #KONSERSENI #BOOTHPAMERAN #STANDPAMERAN #EVENTPAMERAN #TENDAPAMERAN #TENDAEVENT #TENDAKONSER #TENDABESAR #SEWATENDA #SEWATENDAKERUCUT #SEWATENDASARNAFIL #SEWATENDARODER #SEWATENDATRANSPARAN #SEWATENDAWEDDING #SEWATENDAUPACARA #SEWATENDAFOODFRESTIVAL #TENDAMURAH #TENDATERLENGJAP #VENDORTERPERCAYA #VENDORTERMURAH #TENDAMURAH #TENDAPAMERAN #TENDAEXPO #TENDARUMAHSAKIT #TENDASERBAGUNA #TENDASEMIPERMANEN #TENDAEVENT #TENDAPAMERAN #TENDAKECIL #TENDASIRCUIT #TENDAARENABALAP #SEWATENDASIRCUIT #SEWATENDAAREABALAP #SEWATENDAUNTUKMOTORGP #SEWATENDAEVENT #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDA SARNAFIL #TENDATERLARIS #TENDATERMURAH #TENDAMURAH #TENDALARIS #TEND3X3M #TENDASARNAFIL3X3M #TENDAKERUCUT3X3M #TENDASARNAFIL5X5M #TENDASARNAFIL4X4M #TENDASARNAFILMURAH #PRODUSENTENDA #PRODUSENTENDASARNAFIL #JUALRANGKATENDA


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://shopee.co.id/pasaronlinetangerang

    https://shopee.co.id/dewi.melansari

    https://www.tokopedia.com/meylans

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    BalasHapus

Heihooo.... Terima kasih sudah berkunjung, boleh banget lho klo mau tinggallin jejak biar bisa kunjungan balik. Salam Hangat Imas :)