21 Januari 2014

My Home My Venue

Sesuai sama judulnya.. tempat akad dan resepsi pernikahan saya & boy akan diadakan di rumah saya. Kenapa dirumah? Karna menurut saya lebih santai aja wlopun pastinya lebih ribet. Tapi pertimbangan waktu acara yang bisa lebih lama, undangan yang bisa lebih banyak & budget yang juga enakan diatur buat acara dirumah Qta tetapin acara diadain dirumah saya aja. Kebetulan juga didepan rumah saya ada tanah yang lumayan luas yang sekarang jadi tempat parkir mobil-mobil tetangga hehee.. Ukuran pastinya saya kurang tau mungkin sekitar 12m x 20m, lumayan luas kan?

Pernah googling tentang resepsi pernikahan di rumah tapi susah juga dapet wedding blog kaya gitu. Sampe akhirnya teh fani bahas di postingan INI.. uuhhhh makasih banyak lho teh fani ini membantu banget postingannya :)

Oia ini yang saya siapkan saat saya memutuskan mengadakan resepsi pernikahan dirumah
1. Lokasi. Saya menetukan di area mana saja yang akan saya gunakan untuk acara pernikahan saya dan area mana yang akan ditutup tenda. Penting untuk tau berapa luas area yang akan dipakai, ini berpengaruh ke harga sewa tenda yang biasanya dihitung permeter. Lokasi ini juga jadi awal konsep dekorasi pernikahan akan seperti apa. Biasanya untuk acara pernikahan dirumah, ada paketan wedding yang udah termasuk tenda, dekor, make up & peralatan catering. Tips dari saya saat memilih paketan wedding minta detail harganya untuk perbandingan harga. Lumayan kan klo ada harga sewa tenda yang lebih murah dari paket yang ditawarkan bisa lebih hemat beb :D

2.  Ruang rias. Bedakan ruang rias untuk pengantin dan keluarga. Pilih salah satu ruangan khusus untuk make up pengantin, klo ada ruang yang tertutup. Untuk menjaga mood dan konstrasi perias. Klo mood perias berantakan karna banyak orang yang keluar masuk ruangan atau banyak orang diruangan tersebut biasanya konstrasi perias bisa terganggu. Batasi juga orang yang keluar masuk ruangan rias.

3.Mini studio. Perlu dipikirkan juga nih, mau menempatkan mini studio dimana. Wlopun cuma untuk sekedar foto pose pengantin atau foto bareng keluarga. Tapi klo ga ditentuin dari sekarang bisa batal pakai mini studio, kadang ada lho fotografer yang ga mau repot atau kurang inisiatifnya atau kebingungan mau berinisiatif menempatkan mini studionya dimana.

4. Catering. Di acara pernikahan saya nanti semua makanan baik yang prasmanan ataupun gubukan dimasak sendiri tanpa menggunakan jasa catering. Saya hanya membayar jasa orang memasaknya, nanti yang belanja semua keperluan bahan makanannya mereka. Sebelumnya saya meminta list bahan-bahannya dan juga rincian harganya. Tips dari saya untuk menu prasmanan dihitung 2x jumlah undangan, karna biasanya tamu yang datang semuanya makan menu utama & bawa pulang menu gubukan heheheee... Oia penting juga untuk nentuin dimana tempat memasak & tempat makanan yang sudah matang.

5. Tim Pendukung. Kebanyakan acara resepsi yang diadakan dirumah tidak menggunakan WO, tapi minimal ada panitia yang dibentuk biar semuanya tetap teratur. Diacara saya, saya membentuk panita yang isinya koordinator lapangan, checker porsi catering, pengangkut piring, pencuci piring dan penjaga keamanan & parkir. Ini penting, acara digedung atau dirumah tetep ya harus ada checker porsi catering. Jangan sampai si catering ini jadi pembicaraan yang ga enak setelah acara selesai. Bilang kepanitianya semua makanan yang porsinya sudah tinggal seperempat ato klo perlu tinggal setengah langsung direfill. Pilih checker yang sudah terbiasa mengatur catering & gesit. Untuk orang yang mengangkut piring saya pilih dua orang. Kasian juga klo cuma satu orang yang harus bolak balik angkut piring apalagi saat banyak tamu, untuk menghidari piring kotor dan sampah disana sini juga. Pencuci piring juga saya menggunakan dua orang, sama seperti yang mangangkut kasian klo cuma sendirian dan takut keteteran. Nanti malah kacau klo banyak tamu tapi piring kurang. Oia jangan lupa tentuin dimana tempat cuci piring,  karna butuh tempat yang lumayan luas dan dekat dengan sumber air. Yang terakhir penjaga keamanan dan parkir, saya juga menggunakan dua orang. Diacara saya, tempat parkir tidak bersebelahan dengan area resepsi. Jadi satu orang saya tempatkan di tempat parkir dan yang satu lagi saya tempatkan di tempat resepsi.

Semoga smuanya berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang sudah saya rencanakan dan persiapkan. Semangat yaa para calon pengantin diluar sana!!!!! Banyak hal yang menyenangkan saat qta turun langsung mempersiapkan dan menentukan smuanya sendiri. Senang karna bisa tau karakter si dya saat harus kesana kemari untuk cari vendor. Senang karna ada bagian perawatan sebelum nikah, ini enak banget bisa ambil paketan dari ujung rambut sampe ujung kaki sebulan 2x yang biasanya paling cuma sekali dan dibayarin pula ahahahaaa... Satu lagi yang cwe paling suka, Shopping!! Belanja ini itu masuk kesatu mall ke mall yang lain ambil barang yang dibutuhin dan masih dibayarin. Coba nikmat persiapan pernikahan manakah yang masih didustakan hihihiiii...

Love,


Imas

1 komentar:

  1. Hi ka aku juga niatnya mau adain acara dirumah nih =) boleh tau gak alamat dan cp mustika salon + price list nya =D ..
    Ke april3865@gmail.com
    Thank you

    BalasHapus

Heihooo.... Terima kasih sudah berkunjung, boleh banget lho klo mau tinggallin jejak biar bisa kunjungan balik. Salam Hangat Imas :)